28 December, 2009

"Hapus Semua Data di BB Lamamu"


Anda berniat mengganti BlackBerry dengan seri terbaru? Boleh-boleh saja, sih. Apalagi beberapa bulan belakangan, persisnya menjelang pergantian tahun ini, BlackBerry seakan ‘kejar setoran’ menggelontorkan beberapa varian baru, mulai dari BlackBerry Curve 8520 (Gemini), BlackBerry Bold 9700 (Onyx) lalu terakhir BlackBerry Storm generasi kedua.

Untuk ukuran BlackBerry yang tidak loyal dalam melahirkan varian baru, tiga produk teranyar di penghujung tahun jelas merupakan serbuan yang menggembirakan. Dengan kehadiran Gemini, misalnya, banyak para pengguna BlackBerry Curve seri 83xx yang punya alasan kuat untuk bergegas ganti handset. Pasalnya, versi terbaru yang tergolong ekonomis dengan fitur memadai ini menawarkan teknologi dan kenyamanan baru seiring perkembangan teknologi komunikasi seluler.

Tapi sebelum memindahtangankan atau menjual perangkat BB yang lama, Anda terlebih dahulu harus memastikan bahwa semua data yang ada di dalamnya sudah hilang, bersih tanpa sisa. Karena layaknya sebuah komputer bergerak, pengguna kerap memapatkan semua data ke perangkat kecil ini demi kepraktisan kerja.

Blackberry memiliki program penghapusan data dengan beberapa cara. Bisa langsung dari handset atau lewat komputer menggunakan perangkat lunak Desktop Manager.

Bila Anda memilih menghapus langsung dari handset, ada dua cara yang bisa dipilih, yaitu Metode Wipe Handheld dan Metode Password. Wipe Handheld adalah prosedur manual penghapusan data. Proses ini bisa Anda lakukan sendiri kapan saja. Berikut prosedur untuk melakukan Wipe Handheld:
1.Masuk ke General Settings melalui Options >> Security Option >> General Settings.
2.Tekan tombol menu, lalu klik Wipe Handheld.
3.Lalu akan keluar kotak notifikasi dengan pilihan menyertakan aplikasi dari pihak ketiga (Include third party applications). Klik Continue untuk melanjutkan proses.
4.Setelah itu, Anda diminta mengetik kata “blackberry” untuk konfirmasi.
5.Sistem mulai menghapus semua data yang ada di BlackBerry.

Sedangkan Metode Password merupakan proteksi otomatis terhadap handset BlackBerry. Dengan mengaktifkan password, handset Anda akan melakukan penghapusan data secara otomatis begitu ada orang lain yang salah memasukkan password sebanyak 10 kali. Untuk mengaktifkan password, ikuti prosedur berikut:

1.Di Homescreen, klik Options >> Password.
2.Aktifkan Password dengan mengubah pilihan dari Disabled ke Enabled.
3.Masukkan password yang Anda inginkan, lalu masukkan kembali password tersebut untuk verifikasi.
4.Reset BlackBerry Anda. Password langsung aktif begitu handset hidup kembali.
(disarikan dari milis isat-bb@yahoogroups.com)

semoga bermanfaat
salam

No comments: