30 December, 2009

"Putus Hubungan dengan BB"

BlackBerry adalah dunia baru bagi siapa saja. Dengan BB, bukan hanya informasi dunia yang ada di genggaman, tapi semua kolega, teman dan sahabat tercinta juga berkumpul di tangan. Interaksi sosial di dunia digital benar-benar mengasyikkan berkat adanya BlackBerry yang online 24 jam tanpa henti (non- stop).

Lantas, apakah keasyikan ini sama sekali tidak berbahaya? Nyatanya tidak. Setelah punya BlackBerry, tidak sedikit orang yang merasa menjalani rutinitas berbeda dari sebelumnya. BlackBerry tidak lagi menjadi selingan atau hiburan, tapi jadi pusat segala aktifitas selama sehari penuh. Bahkan tidak sedikit yang mengeluh produktifitas dan ritme kerjanya jadi terganggu karena besarnya godaan untuk terus berinteraksi lewat BlackBerry.

Bila Anda sedang mempertimbangkan untuk mengurangi interaksi digital lewat BlackBerry, Anda bisa menonaktifkan beberapa fitur interaktif seperti email, SMS dan instant messaging. Fitur pesan instan seperti Yahoo! Messaging (YM!) atau Google Talk mungkin lebih mudah untuk di non-aktifkan. Anda tinggal keluar (sign out), maka ke dunia luar langsung terputus.

Tapi tidak demikian dengan fitur lainnya seperti email dan BlackBerry Messaging (BBM). Pasalnya, BBM tidak memiliki fungsi sign out. Nah, bila Anda benar-benar bertekad untuk putus hubungan dengan BlackBerry, ada tiga langkah yang bisa dipilih, mulai dari cara yang paling ekstrim sampai cara yang cukup moderat:

1. Putuskan Koneksi Jaringan. Memutus koneksi jaringan sama halnya dengan menonaktifkan handset. Anda tidak hanya menonaktifkan fitur BBM, tapi juga mematikan fitur telefoni dan fitur teks lainnya. Caranya, klik Manage Connection, lalu klik Turn All Connections Off.

2. Putuskan Layanan Data. Dengan memutus layanan data, Anda tidak bisa lagi menggunakan layanan BIS seperti PIN text dan email. Sedangkan fitur berbasis jaringan GSM tetap aktif. Caranya, klik Options >> Mobile Network, lalu klik pilihan Data Services, pilih Off.

3. Blokir Pesan Teks. Dengan cara ini, setiap pesan yang masuk ke BBM akan diblokir, sedangkan fitur BIS dan GSM tetap aktif. Caranya, klik Options >> Security Options Firewall, klik Status dan pilih Enabled. Kemudian klik checkbox di pilihan PIN. (jet)
(disarikan dari milis isat-bb@yahoogroups.com)

salam

No comments: